Saturday 13 August 2011

Jabar Tsur, dan Gua Penyelamat Sang Nabi


Jabar Tsur, dan Gua Penyelamat Sang Nabi
Pada waktu itu tahun 622 Masehi, Rasulullah Muhammad SAW berniat hirah ke kota Madinah untuk mencari tempat baru bagi penyebaran Islam yang lebih kondunsif. Namun, kaum kafir Quraisy yang tak menginginkan ajaran Muhammad menyebar ke luar Mekkah, melakukan pengejaran untuk menghalangi niat Rasulullah.
Dalam kondisi terdesak, Rasulullah dan Abu Bakar memilih Gua Tsur atas petunjuk yang diberikan Allah SWT melalui malaikat Jibril. Di Gua yang berada di Jabal Tsur yang tandus itulah Rasulullah dan Abu Bakar berlindung selama tiga hari tiga amalam.
Upaya pengejaran kaum kafir Quraisy tak melanjutkan mengejar ke dalam gua. Mereka berpandangan, tak mungkin ada orang yang sebelumnya masuk tanpa merusak sarang laba-laba dan membuat burung merpati terbang dari sarangnya. Dengan logika itu, kaum kafir berhenti melakukan pengejaran dan kembali ke kota Makkah.
Peristiwa pertolongan di Jabal Tsur serta persembunyian Rasulullah Muhammad SAW dan Abu Bakar diabadikan melalui firman Allah SWT dalam Surat At-Taubah ayat 40. Ayat itu berbunyi :”Bila kamu tidak mau menolong Rasul, maka Allah telah menjamin menolongnya ketika orang-orang kafir mengusirnya berdua dengan sahabatnya.”
Ketika berdua berada di dalam gua, dia berkata kepada sahabatnya.”Janganlah engkau berduka cita, karena Allah SWT bersama kita”. Lalu Allah SWT menurunkan ketenangan hati (kepada Muhammad) dan membantunya dengan dengan pasukan-pasukan yang tiada tampak olehmu. Dijadikan-Nya kepercayaan orang-orang kafir paling rendah dan agama Allah SWT menduduki tempat teratas. Sesungguhnay Allah SWT maha Perkasa lagi Maha Bijaksana”
Cerita Nabi Muhammad beserta Abu Bakar kemudian menjadi inspirasi banyak orang termasuk judul buku. Istilah yang mendinginkan dan mendamaikan umat yang sedang bersedih dan terjepit dan selalu dirundung duka. Nabi SAW pun mengalami namun tetap memiliki semangat, sebab Allah SWT tetsp bersama dan menemani hamba-Nya.



No comments:

Post a Comment