Thursday 31 January 2013

Tabunganku, Tabungan Pas Untuk Pelajar.

Hai para pembaca setia blog gado-gado aku yang sederhana ini. Apa kabar? Semoga baik-baik saja. Amin. Kali ini aku mau cerita tentang sesuatu yang mungkin akan berguna dan penting untuk kehidupan aku atau siapa pun yang baca artikel ini. Aku mau cerita tentang tabungan, ya tabungan. Eitss bukan sembarang tabungan, tabungan yang aku maksud disni adalah TabunganKu. Sebelumnya aku mau cerita dikit dulu ya. Waktu bulan agustus 2012, aku udah berumur 17 tahun dan udah punya KTP dan SIM. Bisa dikatakan dengan umur aku segitu dan udah punya KTP, aku harus memanfaatkan dengan sebijak-bijaknya. Salah satunya adalah membuka rekening. Waktu aku masih SMP, tepatnya sih MTsN. Aku dan temen-temen se-angkatan aku punya rekening dari salah satu Bank syariah. Waktu itu kami semua cuman disuruh ngisi formulir dan tanda tangan orang tua. Sisanya, guru-guru kami yang ngurus sama orang Bank. yaa sejenis kerjasama sih. Waktu itu kami cuman dapat ATM tanpa buku tabungan. Tapi yang namanya anak SMP yang masih polos. Dapat ATM aja rasanya keren banget. Hingga akhirnya kami semua menabung di Bank tersebut. Untungnya, letak Bank terletak tidak jauh dari sekolah kami. Dan kami pun rajin menabung. Termasuk aku. Namun karena lain suatu dan hal aku seraya minta ijin dengan orang tua, memutuskan untuk menutup rekening di Bank tersebut. Mengapa? Kok saldo aku tiap hari berkurang ya? Daripada terus berkurang sedengkan aku jadi males nabung disitu akhirnya aku menutup rekening. Beberapa tahun berlalu. Dan aku udah SMA lebih tepatnya MAN. Aku berpikir aku harus punya tabungan di bak. Aku pikir, cepat atau lambat tabungan itu akan membantu aku. Misalnya aja kalo aku kuliah diluar kota. Orang tua aku cukup mentransfer ke rekening aku aja. Atau misalnya aku punya bisnis online, jadi cukup transfer ke rekening aku. Kan lebih mudah. Hingga aku punya KTP aku memutuskan untuk membuka rekening di Bank manapun itu yang menurut aku mudah. Hingga aku surfing di google hingga nemu artikel yang membahas TabunganKu, sontak aku baca dan agak kaget. Besoknya aku ngajak temen aku yang emang suka nabung di Bank buat membuka rekening di TabunganKu. Setelah aku jelasin prosedurnya, dia setuju. Hingga kami memutuskan pulang sekolah, untuk pergi ke Bank yang memang kami pilih. Kami memilih Bank BCA. Kami datang berenam dan yang membuka rekening hanya berdua. Kami seperti anak sekolahan yang ingin demo. Hihihi. Sesampai di BCA kami disambut mbak CS yang cantik dan ramah. Kami dijelasin tentang prosedurnya dan alhasil kami membuka rekening TabunganKu yang Alhamdulillah masih aku isi dan terus isi. Ups ceritanya agak panjangan ya? Hehe. Maaf ya J. jadi begini, TabunganKu adalah tabungan perorangan warga Negara Indonesia dengan persyaratan mudah dan ringan yang diselenggarakan secara bersama oleh Bank di Indonesia guna menumbuhkan budaya menabung serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Itulah yang aku maksud TabunganKu. Program TabunganKu ini adalah program dari pemerintah. Pas banget untuk pelajar dan orang yang berekonomi “kurang”. Banyak Bank yang kerja sama dengan pemerintah mengenai program ini. Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI, Bank BCA dan lain-lain. Kalo mau lebih tau silahkan aja cari di google dengan keywords “TabunganKu program dari pemerintah” pasti nemu kok. Soalnya artikel mengenai program TabunganKu sudah banyak beredar di internet. Seperti yang aku ceritain di awal tadi, aku milih Bank BCA. Soalnya sebelum aku memutuskan. Aku selalu survey dulu agar nantinya aku ga nyesal. TabunganKu ini memiliki kelebihan. Salah satunya, tidak ada biaya administrasi perbulannya. Maksudnya saldo kita tidak akan terpotong karena ini dan itu. itulah yang membuat aku tertarik untuk membuka rekening di TabunganKu.syarat membuka TabunganKu mudah dan enggak ribet kok. Saldo awalnya hanya Rp.20.000,- kok ditambah Rp.6000,- sebagai materai. Trus kita udah dapat rekeningnya deh. Gampang kan? Namun walaupun sama-sama program dari pemerintah. Setiap Bank berbeda. Misalnya saja, ada Bank yang langsung bisa mendapatkan ATM ketika kita membuka rekening TabunganKu, namun ada juga yang harus mencapai saldo tertentu, baru mendapat ATM. kebetulan aku memilih BCA dan aku mendapat ATM serta buku tabungan. Ya tergantung kitanya aja sih lebih cocok dengan Bank yang sama.tapi setau aku sampai aku nulis ini, persyaratan untuk membuka rekening di TabunganKu setiap Bank sama. jadi harus WNI, saldo awal Rp.20.000, dan lain sebagainya (sekali lagi silahkan surfing digoole. Maaf ya J). Kembali ke judul nih, mengapa TabunganKu pas buat pelajar?.  pelajar biasanya dikasih oleh orang tua tidak seberapa banyak (Namanya juga masih minta, jadi harus nerima apa adanya yang dikasih dong). Oleh karena itu pelajar dituntut supaya bisa menggunakan uang yang diberikan orang tua secara bijak. Salah satunya ya dengan menabung. Contohnya aja menabung di TabunganKu. Di TabunganKu, tidak ada administrasi perbulannya. Jadi jangan khawatir kita akan terpotong Saldo awal nya ringan dan langsung dapat buku tabungan, dll. Namun jangan harap bisa mendapat bunga yang besar ya, soalnya TabunganKu bunganya bisa dibilang kecil banget. Eits, pelajar kan enggak mikirin bunga, yang dipikirin itu nabung dan nabung kan? Inilah kenapa aku bilang TabunganKu pas buat pelajar. karena aku pelajar dan aku saksi nyata kalo program ini emang pas buat pelajar.
Itu aja deh yang pengen aku bahas. Kalo masih kurang ngerti sekali dan sekali lagi tolong di surfing di google aja ya. Soalnya aku cuman mau cerita sedikit tentang tabungan yang pas buat pelajar kayak aku ini. Kalo ada yang mau bertanya tentang TabunganKu, silahkan follow twitter : @rinjurrny (khusus yg mau nanya di Bank BCA, aku akan sedikit bantu. Kalo Bank yang lain, maaf aku membantu sedikit juga takut salah ngomong).
Semoga bermanfaat J


5 comments:

  1. kalo persyaratannya cuma SIM aja boleh????? karna aku blum punya KTP.

    ReplyDelete
  2. Sepertinya bisa. Soalnya SIM juga identitas diri kan? Coba deh tanya ke bank terdekat, agar lebih jelasnya :)

    ReplyDelete
  3. kalo daftar.nya pake kartu pelajar bisa gak?

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete